Selasa, 13 Februari 2018

Silabus Psikologi Pendiidkan dan Pembelajaran PAK



SILABUS  PERKULIAHAN


Mata Kuliah                            : Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran PAK
Kode Mata Kuliah                              :
Bobot  sks                               :  2 (Dua) sks  
Program Studi                         : SI PAK
Thn Akademik                        :  2017/2018
Semester                                  : IV
Standar Kelulusan                   :  C
Dosen Penyaji                         : Serly Babang Loti, M. Pd.K
I.         Deskripsi
Matakuliah Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran PAK termasuk salah satu rumpun matakuliah berkarya di STT Johanes Calvin, khususnya jurusan PAK.  Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar gejala jiwa manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar psikologi, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan belajar.

II.    Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai tentang psikologi pendidikan dan pembelajaran PAK, senang mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang disesuaikan dengan kemampuan belajarnya, serta  menerapkan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK

III.  Kompetensi Dasar :
1.  Mahasiswa memahami tentang konsep dasar psikologi pendidikan
2.  Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam
3.  Mahasiswa memahami realitas perbedaan individu dan aplikasinya dalam pendidikan
4.  Mahasiswa memahami konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar, serta aplikasinya dalam pendidikan
5.  Mahasiswa memahami konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.
6.  Mahasiswa memahami konsep tentang diagnostik kesulitan belajar.





IV. Materi pokok
1.       Konsep Dasar Psikologi Pendidikan
2.      Gejala Jiwa Manusia
3.      Perbedaan individu
4.      Belajar dan Pembelajaran
5.      Evaluasi hasil belajar
6.      Diagnosis Kesulitan Belajar

V.      Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti seluruh kegiatan belajar, diharapkan setiap peserta didik dapat:
1.  Memahami tentang konsep dasar psikologi pendidikan
2.  Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam
3.  Menjelaskan realitas perbedaan individu dan aplikasinya dalam pendidikan
4.  Menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran, teori belajar, serta aplikasinya dalam pendidikan
5.  Menjelaskan konsep dasar evaluasi dalam pendidikan.
6.  Menjelaskan konsep tentang diagnostik kesulitan belajar
VI.        Metode dan Alat Pembelajaran
  a.  Metode      : Diskusi; Ceramah ; Tanya Jawab; Presentasi, kooperatif,    dll; .
  b.  Alat Pembelajaran:  LCD proyektor; laptop, Alkitab; Kamus; Kertas HVS, Papan Tulis, Internet.
VII.     Penilaian
-       Kehadiran  dan Partisipasi dalam Kelas                :  10 %
-       Kegiatan pelayanan                                               :  10 %
-       Tugas                                                                      : 20 %
-        UTS                                                                       : 25 %
-       UAS                                                                        : 35%

VIII.   Bentuk Soal
Tes Tertulis; Tes Sikap, Porto Folio, proyek
IX.         Sumber Belajar :
1.  Keluarga
2.  Media elektronik (internet)
3.  Narasumber,
4.  Lingkungan alam,
5.  Lingkungan sosial,
6.  Teman di kampus
7.  Teman di masyarakat setempat
8.  Komunitas gereja
9.  Literatur:
1. Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
2. Depdikbud. Universitas Terbuka. 1984/1985. Modul Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial. Jakarta
3. De Porter B, Hernarcki M. 1999. Quantum Teaching. Bandung: Penerbit Kaifa
4. Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Depdikbud.
5. Greadler, Margareth E Bell. 1991. Belajar dan Pembelajaran. Penerjemah: Munandir. Jakarta : CV Rajawali
6. HC Witherington. 1978. Educational Psychology (terjemahan M Buchori). Jakarta: Aksara Baru
7. Materi Dasar Pendidikan Program Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi, Buku II C. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
8. Muhibinsyah. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
9. Suharsimi AK. 1989. Dasar-dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
10. Sumadi Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
11. Tim Penulis Buku Psikologi Pendidikan. 1997. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP
 Menyetujui                                                                      Mangupura,   Februari  2018
Kaprodi PAK                                                                   Dosen Penyaji


(Ny. Yenny A. Karundeng, Sp., M. Pd. K)                     (Serly Babang Loti)

Mengetahui
Bidang Akademik


                           (Dr. U. Adventus Lawalata, D. Th)
Wakil Ketua I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar