SILABUS PERKULIAHAN
Mata
Kuliah : Psikologi Pendidikan dan
Pembelajaran PAK
Kode
Mata Kuliah :
Bobot sks
: 2 (Dua) sks
Program
Studi : SI PAK
Thn Akademik : 2017/2018
Semester :
IV
Standar Kelulusan : C
Dosen Penyaji : Serly Babang Loti,
M. Pd.K
I.
Deskripsi
Matakuliah
Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran PAK termasuk salah satu rumpun matakuliah
berkarya di STT Johanes Calvin, khususnya jurusan PAK. Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar
gejala jiwa manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi
konsep dasar psikologi, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu,
belajar dan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar serta diagnostik kesulitan
belajar.
II.
Standar Kompetensi
Mahasiswa memiliki pengetahuan
yang memadai tentang psikologi pendidikan dan
pembelajaran PAK, senang mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang disesuaikan dengan kemampuan belajarnya, serta menerapkan
prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
III.
Kompetensi Dasar :
1. Mahasiswa memahami tentang konsep dasar
psikologi pendidikan
2.
Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam
3. Mahasiswa memahami realitas perbedaan
individu dan aplikasinya dalam pendidikan
4. Mahasiswa memahami konsep belajar dan
pembelajaran, teori belajar, serta aplikasinya dalam pendidikan
5. Mahasiswa memahami konsep dasar evaluasi
dalam pendidikan.
6. Mahasiswa memahami konsep tentang diagnostik
kesulitan belajar.
IV.
Materi pokok
1.
Konsep Dasar Psikologi Pendidikan
2.
Gejala
Jiwa Manusia
3.
Perbedaan individu
4.
Belajar dan Pembelajaran
5.
Evaluasi hasil belajar
6.
Diagnosis Kesulitan Belajar
V.
Indikator Keberhasilan
Setelah
mengikuti seluruh kegiatan belajar, diharapkan setiap peserta didik dapat:
1. Memahami tentang konsep dasar psikologi
pendidikan
2.
Memahami berbagai bentuk gejala jiwa manusia dan aplikasinya dalam
3. Menjelaskan realitas perbedaan individu dan
aplikasinya dalam pendidikan
4. Menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran,
teori belajar, serta aplikasinya dalam pendidikan
5. Menjelaskan konsep dasar evaluasi dalam
pendidikan.
6. Menjelaskan konsep tentang diagnostik
kesulitan belajar
VI.
Metode dan Alat
Pembelajaran
a.
Metode :
Diskusi; Ceramah ;
Tanya Jawab; Presentasi, kooperatif, dll; .
b. Alat
Pembelajaran: LCD
proyektor; laptop, Alkitab; Kamus; Kertas HVS, Papan Tulis, Internet.
VII.
Penilaian
- Kehadiran dan
Partisipasi dalam Kelas : 10 %
- Kegiatan pelayanan : 10
%
- Tugas
: 20 %
- UTS : 25 %
- UAS : 35%
VIII. Bentuk Soal
Tes Tertulis; Tes
Sikap, Porto Folio, proyek
IX.
Sumber Belajar
:
1.
Keluarga
2.
Media elektronik
(internet)
3.
Narasumber,
4.
Lingkungan alam,
5.
Lingkungan sosial,
6.
Teman di kampus
7.
Teman di masyarakat
setempat
8.
Komunitas gereja
9.
Literatur:
1. Asri C. 2005. Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
2. Depdikbud. Universitas
Terbuka. 1984/1985. Modul Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran
Remidial. Jakarta
3. De Porter B, Hernarcki M.
1999. Quantum Teaching. Bandung: Penerbit Kaifa
4. Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar
dan Pembelajaran. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Depdikbud.
5. Greadler, Margareth E Bell.
1991. Belajar dan Pembelajaran. Penerjemah: Munandir. Jakarta : CV
Rajawali
6. HC Witherington. 1978. Educational
Psychology (terjemahan M Buchori). Jakarta: Aksara Baru
7. Materi Dasar Pendidikan
Program Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi, Buku II C. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
8. Muhibinsyah. 1997. Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
9. Suharsimi AK. 1989. Dasar-dasar
Evalusi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
10. Sumadi Suryabrata. 1984. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Rajawali
11.
Tim Penulis Buku Psikologi Pendidikan. 1997. Psikologi Pendidikan.
Yogyakarta: UPP IKIP
Menyetujui Mangupura, Februari
2018
Kaprodi PAK Dosen
Penyaji
(Ny. Yenny A. Karundeng, Sp., M. Pd. K) (Serly Babang Loti)
Mengetahui
Bidang Akademik
(Dr. U. Adventus
Lawalata, D. Th)
Wakil
Ketua I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar