SILABUS PERKULIAHAN
Mata Kuliah : Olahraga II
Kode Mata Kuliah :
Bobot sks : 1 (Dua) sks
Program Studi : S1-Teologi.
Thn
Akademik : 2017-2018
Semester :
IV
Standar
Kelulusan : C
Prasyarat : ---
Alokasi Waktu : 14X ( 1x50 menit )
Dosen Penyaji : Serly Babang Loti, M. Pd. K
I. Deskripsi
Bentuk Mata Kuliah Pendidikan Jasmani
dan Olahraga berisi tentang kajian konsep-konsep Pendidikan Jasmani dan Olahara
dan praktek kegiatan‐kegiatan
jasmani dan Olahraga baik yang berkaitan dengan kesegaran jasmani maupun
keterampilan
jasmani
II. Standar Kompetensi :
Mahasiswa mampu meningkatkan derajat
kesegaran jasmani, meningkatkan kemampuan keterampilan jasmani, memahami konsep‐konsep tentang
Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta
menanamkan tentang nilai‐nilai
dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
III. Kompetensi
Dasar
:
·
Mahasiswa mampu memahami konsep Penjas, Olahraga
dan Pengembangan Kemampuan Jasmani
·
Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan
penjas dan olahraga
IV.
Indikator Keberhasilan
1. Mahasiswa
mampu membedakan, Konsep, kedudukan dan makna pendidikan jasmani
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan, hakikat
pendidikan jasmani, olahraga, permainan dan rekreasi
3.
Mahasiswa mampu menjelaskan Perubahan filosofis
dari pendidikan jasmani, olahraga dan kebugaran.
4.
Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep dasar
olahraga, bermain dan permaianan
5.
Mahasiswa mampu membedakan makna penjas
dan pendidikan olahraga.
V.
Urutan dan rincian Materi
- Konsep, kedudukan dan makna pendidikan jasmani
- Hakikat pendidikan jasmani, olahraga, permainan dan rekreasi
- Perubahan filosofis dari pendidikan jasmani, olahraga dan kebugaran
- Konsep dasar olahraga, bermain dan permaianan
- Perbedaan makna penjas dan pendidikan olahraga
VI. Standar Proses Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanya‐jawab, diskusi,
demonstrasi, latihan dan praktek.
Media
: Sarana dan prasarana Olahraga.Metode
VII. Tugas
Tugas ………………….
VIII. Standar Penilaian
a. Partisipasi dalam kegiatan
perkuliahan : 10%
b. Tugas‐tugas dan latihan : 20%
c.
UTS :
30%
d.
UAS : 40%
IX.
Bentuk Soal
Unjuk
kerja
V.
Sumber Belajar
:
SUMBER BELAJAR
1. Keluarga
2. Media elektronik (internet)
3. Narasumber,
4. Lingkungan alam,
5. Lingkungan sosial,
6. Teman di kampus
7. Teman di masyarakat setempat
8. Komunitas gereja
9. Literatur:
· Aip Syarifudin,
Muhadi. (1993). Pendidikan Jasmani dan Ksehatan. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen
Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga
Kependidikan.
· Arma Abdullah,
Agus Manaji. (1994). Dasar‐dasar Pendidikan
jasmani. Proyek
Pembinaandan Peningkatan Mutu Tenaga
Kependidikan, Dirjen Dikti, Depdikbud.
· Toho Cholik M.,
Rusli Lutan. (1997). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Proyek
· Pengembangan
Guru Sekolah Dasar, Dirjen Dikti Depdikbud.
Menyetujui Mangupura, Februari 2018
Kaprodi PAK Dosen
Penyaji
(Bpk. Jefri Adi Papa L. Malo, M. Th) (Serly Babang Loti, M. Pd. K)
Mengetahui
Bidang Akademik
(Bpk.
Dr. U. Adventus Lawalata, M. Mis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar