Selasa, 13 Februari 2018

Silabus Olahraga II



SILABUS  PERKULIAHAN



Mata Kuliah                :  Olahraga II
Kode Mata Kuliah                  :          
Bobot  sks                   :  1 (Dua) sks  
Program Studi             :  S1-Teologi. 
Thn Akademik            :  2017-2018
Semester                     :  IV
Standar Kelulusan       :  C
Prasyarat                     :           ---
Alokasi Waktu            :  14X ( 1x50 menit )
Dosen Penyaji             :  Serly Babang Loti, M. Pd. K
I.        Deskripsi
Bentuk Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga berisi tentang kajian konsep-konsep Pendidikan Jasmani dan Olahara dan praktek kegiatankegiatan jasmani dan Olahraga baik yang berkaitan dengan kesegaran jasmani maupun keterampilan
jasmani
II.      Standar Kompetensi :    
Mahasiswa mampu meningkatkan derajat kesegaran jasmani, meningkatkan kemampuan keterampilan jasmani, memahami konsepkonsep tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta  menanamkan tentang nilainilai dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
III.  Kompetensi  Dasar :
·         Mahasiswa mampu memahami konsep Penjas, Olahraga dan Pengembangan Kemampuan Jasmani
·         Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan penjas dan olahraga
IV.   Indikator Keberhasilan
1.      Mahasiswa mampu membedakan, Konsep, kedudukan dan makna pendidikan jasmani
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan, hakikat pendidikan jasmani, olahraga, permainan dan rekreasi
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan Perubahan filosofis dari pendidikan jasmani, olahraga dan kebugaran.
4.      Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep dasar olahraga, bermain dan permaianan
5.      Mahasiswa mampu membedakan makna penjas dan pendidikan olahraga.


V.      Urutan dan rincian Materi

  1. Konsep, kedudukan dan makna pendidikan jasmani
  2. Hakikat pendidikan jasmani, olahraga, permainan dan rekreasi
  3. Perubahan filosofis dari pendidikan jasmani, olahraga dan kebugaran
  4. Konsep dasar olahraga, bermain dan permaianan
  5. Perbedaan makna penjas dan pendidikan olahraga

VI.   Standar Proses Pembelajaran
Metode : Ceramah, tanyajawab, diskusi, demonstrasi, latihan dan praktek.
Media : Sarana dan prasarana Olahraga.Metode

VII.     Tugas
Tugas ………………….

VIII.  Standar Penilaian
a. Partisipasi dalam kegiatan perkuliahan                         :  10%
b. Tugastugas dan latihan                                                :  20%
c. UTS                                                                               :  30%
d. UAS                                                                              :  40%                                                             
IX.        Bentuk Soal
Unjuk kerja


V.                Sumber Belajar :
SUMBER BELAJAR
1.  Keluarga
2.  Media elektronik (internet)
3.  Narasumber,
4.  Lingkungan alam,
5.  Lingkungan sosial,
6.  Teman di kampus
7.  Teman di masyarakat setempat
8.  Komunitas gereja
9.  Literatur:
·      Aip Syarifudin, Muhadi. (1993). Pendidikan Jasmani dan Ksehatan. Departemen
     Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga
     Kependidikan.
·      Arma Abdullah, Agus Manaji. (1994). Dasardasar Pendidikan jasmani. Proyek
     Pembinaandan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti, Depdikbud.
·      Toho Cholik M., Rusli Lutan. (1997). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Proyek
·      Pengembangan Guru Sekolah Dasar, Dirjen Dikti Depdikbud.



Menyetujui                                                                       Mangupura,   Februari 2018
Kaprodi PAK                                                                   Dosen Penyaji


(Bpk. Jefri Adi Papa L. Malo, M. Th)                            (Serly Babang Loti, M. Pd. K)

Mengetahui
Bidang Akademik


                                          (Bpk. Dr. U. Adventus Lawalata, M. Mis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar