Resensi Buku Perilaku Mengajar
Penulis Donald R. Cruickshank, Deborah Baine Jenkins dan Kim
K. Metcalf
Judul: Perilaku Mengajar
(The Act of Teaching)
Guru
yang efektif adalah guru yang kreatif dan inovatif dalam menerapkan konteks dan
perilaku pengajaran di zaman pendidikan yang terus berubah. Pendidikan yang terus berubah menuntun para pendidik
kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, karena pendidikan adalah proses
pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan hal berpikir dan bertingkah laku. Proses ini
terjadi karena adanya pendidik yang kreatif.
Pendidik sangat berperan dalam
menjalankan roda pendidikan yang untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia dengan
informasi yang relevan
Kenyataan ini secara langsung dapat mempengaruhi
cara pendidik melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan berbagai latar
belakang dan karakteristik peserta didik. Pendidik
yang professional mampu mengaktualisasikan pembelajaran yang
memungkinkan semua peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda-beda dan
berbagai latar budaya, ekonomi, sosial bahkan emosional yang beragam.
Buku Perilaku Mengajar edisi 6 ini membahas topik dilema
pendidikan, khususnya cara mengajar peserta didik yang beragam. Penjelasan mengacu pada proses dan kejadian
yang terjadi di dalam ruang lingkup belajar mengajar, pemikiran atau teori
mengenai pengajaran, serta berbagai alternatif pengajaran.
Dalam proses pembelajaran, peserta didik sering
merasa bosan, karena berbagai faktor yang mempengaruhi belajar baik dari materi
pembelajaran, metode yang menonton maupun masalah-masalah yang lainnya muncul
dari latar belakang peserta didik. Untuk
itu, diperlukan beberapa upaya yang beragam agar perhatian peserta didik tertuju pada pembelajaran. Begitu juga lingkungan kondusif dan menyenangkan, akan dapat
membangkitkan semangat dan kreativitas peserta didik. Dengan demikian, efektivitas dalam kegiatan belajar mengajar dapat
tercapai dengan hasil yang memuaskan.
Buku ini membahas di Bagian satu menjabarkan
mengenai konteks pengajaran kepada
para pembaca, alasan guru berperilaku tertentu, tantangan yang dihadapi para
guru dalam masyarakat yang terus berubah, keberagaman siswa, bagaimana proses
belaja dapat berlangsung dan cara guru mengenal para siswanya serta mampu
memotivasi para siswa.
Bagian dua memperkenalkan perilaku pengajaran itu sendiri kepada para pembaca. Pada bagian ini menjabarkan cara merencanakan
instruksi, penggunaan delapan metode instruksi dan mengevaluasi proses
pembelajaran yang telah dilakukan para siswa
Bagian tiga mengeksplorasi mengenai guru yang efektif yaitu kualitas
personal dan keahlian yang meningkatkan kemampuan para guru menjadi efektif dan
reflektif. Keahliah mengajar sangat
penting peranannya dalam menyampaikan dan proses pelajaran secara efektif serta
dalam mengelola kelas yang juga menjadi fokus.
Dalam setiap bab, terdapat kotak sorotan dan fokus
penelitian dan fokus penelitian sebagai bahan studi. Diakhir bab dilengkapi dengan daftar isu dan masalah
sebagai bahan diskusi perbab. Sebagai
tambahan, terdapat lampiran manual praktik pengajaran untuk melatih keahlian
pembaca dan pendidik dalam mengajar secara kritis.
Buku ini sangat baik bagi pendidik pemula untuk
belajar banyak yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi pedagogik pendidik,
khususnya mengajar dalam situasi peserta didik yang beragam dan beberapa metode
yang bisa diterapkan dalam mengajar.
Kelemahan buku ini masih kurang kontekstual, karena memakai budaya luar.
Untuk mengambil bahan dari buku ini harus disesuaikan dengan kondisi peserta
didik.
Buku ini memberi informasi yang perlu diketahui oleh
para pendidik secara komperhensif, tajam, dapat diandalkan dan professional.
Dan para guru mendapatkan perencanaan pelajaran, intruksi, pengukuran dan
pengelolaan kelas yang baru serta semua informasi praktis yang perlu dikuasai
agar menjadi guru yang efektif di dalam kelas dan komunitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar