Senin, 21 November 2016

Resensi Buku Perilaku Mengajar



Resensi Buku Perilaku Mengajar
Penulis Donald R. Cruickshank, Deborah Baine Jenkins dan Kim K. Metcalf
Judul:  Perilaku Mengajar (The Act of Teaching)


Guru yang efektif adalah guru yang kreatif dan inovatif dalam menerapkan konteks dan perilaku pengajaran di zaman pendidikan yang terus berubah.  Pendidikan yang terus berubah menuntun para pendidik kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, karena pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan  hal berpikir dan bertingkah laku.  Proses ini  terjadi karena adanya pendidik  yang kreatif.   Pendidik sangat berperan dalam menjalankan roda pendidikan yang untuk  memenuhi setiap kebutuhan manusia dengan informasi yang relevan 
Kenyataan ini secara langsung dapat mempengaruhi cara pendidik melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan berbagai latar belakang dan karakteristik peserta didik.  Pendidik  yang professional mampu mengaktualisasikan pembelajaran yang memungkinkan semua peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda-beda dan berbagai latar budaya, ekonomi, sosial bahkan emosional yang beragam.
Buku Perilaku Mengajar edisi 6 ini membahas topik dilema pendidikan, khususnya cara mengajar peserta didik yang beragam.  Penjelasan mengacu pada proses dan kejadian yang terjadi di dalam ruang lingkup belajar mengajar, pemikiran atau teori mengenai pengajaran, serta berbagai alternatif pengajaran.
Dalam proses pembelajaran, peserta didik sering merasa bosan, karena berbagai faktor yang mempengaruhi belajar baik dari materi pembelajaran, metode yang menonton maupun masalah-masalah yang lainnya muncul dari latar belakang peserta didik.  Untuk itu, diperlukan beberapa upaya yang beragam agar  perhatian peserta didik tertuju pada pembelajaran.  Begitu juga lingkungan  kondusif dan menyenangkan, akan dapat membangkitkan semangat dan kreativitas peserta didik.  Dengan demikian, efektivitas  dalam kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan.
Buku ini membahas di Bagian satu menjabarkan mengenai konteks pengajaran kepada para pembaca, alasan guru berperilaku tertentu, tantangan yang dihadapi para guru dalam masyarakat yang terus berubah, keberagaman siswa, bagaimana proses belaja dapat berlangsung dan cara guru mengenal para siswanya serta mampu memotivasi para siswa.
Bagian dua memperkenalkan perilaku pengajaran itu sendiri kepada para pembaca.  Pada bagian ini menjabarkan cara merencanakan instruksi, penggunaan delapan metode instruksi dan mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan para siswa
Bagian tiga mengeksplorasi mengenai guru yang efektif yaitu kualitas personal dan keahlian yang meningkatkan kemampuan para guru menjadi efektif dan reflektif.  Keahliah mengajar sangat penting peranannya dalam menyampaikan dan proses pelajaran secara efektif serta dalam mengelola kelas yang juga menjadi fokus.

Dalam setiap bab, terdapat kotak sorotan dan fokus penelitian dan fokus penelitian sebagai bahan studi. Diakhir  bab dilengkapi dengan daftar isu dan masalah sebagai bahan diskusi perbab.  Sebagai tambahan, terdapat lampiran manual praktik pengajaran untuk melatih keahlian pembaca dan pendidik dalam mengajar secara kritis.
Buku ini sangat baik bagi pendidik pemula untuk belajar banyak yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi pedagogik pendidik, khususnya mengajar dalam situasi peserta didik yang beragam dan beberapa metode yang bisa diterapkan dalam mengajar.  Kelemahan buku ini masih kurang kontekstual, karena memakai budaya luar. Untuk mengambil bahan dari buku ini harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik.
Buku ini memberi informasi yang perlu diketahui oleh para pendidik secara komperhensif, tajam, dapat diandalkan dan professional. Dan para guru mendapatkan perencanaan pelajaran, intruksi, pengukuran dan pengelolaan kelas yang baru serta semua informasi praktis yang perlu dikuasai agar menjadi guru yang efektif di dalam kelas dan komunitas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar